allnewsweb.com – Menko Polhukam Mahfud Md merespons klaim Bjorka yang meretas data negara, termasuk juga mengaur data-data pribadi Penginapan. Mahfud menuturkan tidak ambil pusing bila data pribadinya dibocorkan karena data itu ada di internet.

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud Md mengaku tidak khawatir dengan Bjorka. Buntutnya ini, Bjorka mengklaim telah meretas data negara, termuat mengaur data-data pribadi pejabat.

“Banyak yang japri (komunikasi pribadi) saya bahwa data pribadi saya dibocorkan oleh Bjorka hacker. Saya tak ambil pusing dan tak ingin tahu,” cuit Mahfud Md di akun Twitter resminya, Selasa (13/9/2022).

Mahfud mengaku tidak pusing andaikata data pribadinya dibocorkan. Soalnya, data pribadinya bisa ditemukan di letak yang umum di internet.

“Sebab data pribadi saya bukan rahasia. Bisa diambil dan diliat di Wikipedia (Google), di sampul belakang buku-buku saya, di LHKPN Komisi Pemberantasan Korupsi, kata Mahfud.

Bjorka telah menebar data pribadi tersebut nomor telpon separuh Penginapan, tersebut Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Pandjaitan, dan pula mencecah seseorang pegiat sarana bersahabat bernama Denny Siregar. Namun Mahfud tidak khawatir.

Salah satu akun melunasi cuitan Mahfud dengan menyikapi bahwa isu Bjorka ini bukan tentang Mahfud Seseorang, tapi tentang data banyak orang di Indonesia.

Hacker Bjorka diduga pakai bocoran data lama PeduliLindungi
Dari data yang dibocorkan ini, piawai keamanan siber Alfons Tanujaya menaksir jikalau datanya awal dari aplikasi PeduliLindungi, karena jelasnya dengan bermodal nama lengkap dan NIK, pada awal mulanya data Peduli Lindungi ini tamat bisa diakses.

Namun Jelasnya, data yang dicuri itu ialah data lama, gaya-gayanya dari tahun 2021. Asumsi ini tampil karena saat ini data PeduliLindungi putus mulai diproteksi.

Sekarang datanya usai mulai diproteksi kan. Sekiranya mau lihat sertifikat finis patut sah member, masukkan email atau kredensial. Pada awal mulanya kan tinggal masukkan NIK dan Nama Lengkap bisa akses data PL

Kira-kira data lama itu yang berhasil dikopi dan peretas mengatur sistem untuk recover informasi Tertulis, tambahnya.

Menurut Alfons, ada sisi positif dari bocornya data balai yang dipublikasikan oleh Bjorka ini. Di harapkan orang nomor 1 bakal siuman untuk mulai memproteksi data yang semasa ini menurut Alfons seenaknya saja diumbar.

Harusnya hal ini dilakukan dari awal-awal misalnya konvensional sekuriti. Sebaliknya mungkin dianggap yang darurat implementasi apps dan kebijaksanaan dulu, baru sekuriti. Ini saya setuju Serta. Andaikan jangan keenakan, jika gawat yah paling 1-3 bln habis itu serentak dibereskan

Hacker Bjorka kini ramai dibicarakan karena ia mengklaim telah menetapi berbagai peretasan dokumen mendesak negara.

Kemunculan hacker Bjorka menuai pro dan kontra di masyarakat. Semua masyarakat memberi dukungan aksi hacker ini dan kaum sedang tidak mendukung.

Terlerai dari viralnya hacker Bjorka, tahukah Anda di dunia ini ada berbagai macam hacker.

Apa itu hacker? Hacker adalah orang yang skill pemrogramannya mampu menerobos sistem keamanan komputer atau jaringan komputer untuk tujuan tertentu. Seorang hacker memiliki pemahaman lanjutan tentang komputer, jaringan, pemrograman, atau perangkat keras.

Mengetahui apa itu hacker dapat memahami bahwa hacker tak selamanya identik dengan penjahat dunia maya. Di dunia siber, hacker adalah sosok yang bisa meretas perangkat seperti komputer, ponsel, webcam, hingga router.

tahukah Anda di jurusan ini ada berbagai macam hacker.

Apa itu hacker? Hacker yaitu orang yang skill pemrogramannya mampu menerobos sistem keamanan computer atau jaringan pc untuk ujud tertentu. Seseorang hacker memiliki makna lampiran tentang Pc, jaringan, pemrograman, atau set keras.

Mengerti apa itu hacker dapat mempelajari bahwa hacker tak selamanya sama dengan penjahat aspek Virtual. Di aspek siber, hacker merupakan bentuk yang bisa meretas bagian seperti Computer, ponsel, webcam, hingga router.

Ragam hacker yang membebankan pihak tertentu yakni ragam Kriminil. Namun, pada persoalan tertentu, hacker merupakan perawakan yang pun bisa Komersial. Seperti dikutip PortalJember.com dari berbagai sumber.

Catat apa itu hacker saat ini selesai banyak mengabdikan jasanya itu untuk mengasongkan perlindungan pada sistem situs atau aplikasi yang dipakai oleh suatu Industri. Hacker termuat dikenal dengan istilah ethical hacker atau white hat.

Untuk lebih rinci berkaitan apa itu hacker, berikut ini pandangan berkenaan apa itu hacker beserta maksud dan macam-macamnya.

Bjorka pun mengekspresikan data pribadi milik Mahfud MD berwarna nama, Nomor Induk Kependudukan (NIK), masukan rumah, pendidikan, hingga data vaksinasi.

Andaikan informasi, Mahfud memang menandatangani ada data negara yang bocor. Namun Tuturnya, data-data itu tidak penting.

“Soal bocornya data negara lah. saya pastikan itu memang Terlaksana. Saya dapat laporannya dari BSSN dan kritik Pemangku VII saya. Terbina di sini di sini di sini,” ujar Mahfud saat mendirikan konferensi pers di Biro Kemenko Polhukam,

Mahfud mengklaim pelbagai data negara yang bocor ke publik itu bukan tergolong dokumen dengan klasifikasi rahasia. Sebab, data-data itu bisa diambil dari berbagai sumur masyarakat dan bertepatan isinya sama.

Author